fbpx
Kesehatan

Warga Palangkaraya Kekurangan Masker Dan Darurat Oksigen

Parentingsehat.com – Sejumlah warga di Palangkaraya, Kalimantan Tengah masih terus diselimuti kabut asap terdampak dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla), dan mengalami kekurangan masker. Pasalnya, sarana utama unutk perlindungan kabut asap tersebut semakin sulit untuk didapatkan.

Kondisi tersebut dijelaskan oleh Muhlisin, yang merupakan salah satu warga Kota Palangkaraya yang kemudian membuka donasi masker. Aksi tersebut dilakukan melalui media sosial serta melakukan kerja sama dengan organisasi masyarakat.

“Bisa dibilang darurat. Untuk Palangkaraya, sudah beberapa hari ini masker di berbagai apotek habis. Kita sempat dapat donasi dana tapi nggak bisa beli masker karena tidak ada. Sempat dapat kiriman masker yang langsung habis kita bagikan,” ungkap Muhlisin seperti dilansir dari detikcom dan ditulis Sabtu (21/9/2019).

Muhlisin menilai, kiriman masker dari wilayah sekitar Kalimantan juga sudah tidak bisa segera sampai. Sebab kabut asap tebal yang kerap hilang timbul memberikan batas jarak pandang untuk mengirim menggunakan pesawat. Dampaknya, pengiriman hanya bisa melalui jalur darat atau laut untuk bisa sampai pada Palangkaraya.

“Bandara sekarang buka tutup karena jarak pandangnya kadang tidak aman. Pesawat untuk bisa mendarat perlu jarak pandang 800 meter, sedangkan sekarang kalau kabutnya tebal paling cuma 500 meter. Makanya untuk sekarang cuma bisa darat, laut, dan menghubungi teman-teman ormas atau relawan lainnya,” jelas Muhlisin.

Terlepas dari masker, beberapa warga Palangkaraya juga memerlukan oksigen dalam kaleng guna membantu pernapasan yang terasa sesak. Dengan keadaan serba terbatas, donasi untuk masker dan oksigen masih akan terus dibuka.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close