fbpx
Kesehatan

Vape Beraroma Berbahaya Bagi Penderita Asma

Parentingsehat.com – Vape atau rokok elektrik dengan aroma tertentu, bahkan meski tanpa nikotin bisa mengubah cara saluran napas yang dipengaruhi penyakit alergi untuk berfungsi dengan baik. Dengan demikian, penggunaan vape bisa memperburuk tingkat keparahan penyakit asma.

Diterapkan perdana, model asma digunakan guna menyelidiki efek dari beberapa rasa rokok elektrik populer, dengan dan tanpa nikotin. “Ini sangat penting bagi mereka yang menderita penyakit pernapasan, yang rentan terhadap efek merokok,” ungkap peneliti, Dr David Chapman dari dari University of Technology Sydney (UTS), dilansir Times Now News, Sabtu (21/9/2019).

Dr Chapman menilai, mayoritas perokok vape menggunakan cairan perasa, namun ada juga sejumlah bukti bahwa zat tambahan rasa bisa beracun ketika dihirup. Belakangan ini, penggunaan rokok elektronik semakin meningkat, khususnya pada kalangan perokok muda secara global.

Meski vape dianggap sebagai alternatif untuk menggantikan rokok konvensional, namun ada pula kekurangan yang terbukti pada studi hewan dan data manusia terkait efek vape pada fungsi paru-paru.

“Efek pasti pada fitur asma tergantung pada rasa spesifik, menunjukkan tidak semua rokok elektronik beraroma akan memiliki konsekuensi yang sama pada kesehatan paru,” jelas Chapman pada penelitian yang dipublikasikan dalam Scientific Reports.

Dalam penelitian etrsebut, rasa Black Licorice semakin memperparah peradangan jalan napas. Sedangkan Cinnacide mempunyai efek sebaliknya, yaitu menekan peradangan jalan nafas.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close