fbpx
Kesehatan

Tips Bangun Tidur Pagi Bebas Belek Mata

Parentingsehat.com – Tidak sedikit kalangan orang yang bangun tidur di pagi hari mata lengket karena belek. Perlu diketahiui, belek atau kotiran mata tersebut sebenarnya merupakan hasil dari proses biologi tubuh yang normal.

Secara umum, belek berasal dari proses perlindungan mata dalam menghadapi kotoran atau benda asing lain dengan air mata, serta bisa juga karena cairan lain. Pada keadaan mata terbuka, hasil perlindungan tersebut bisa hilang ketika berkedip.

“Namun saat tidur, kita tidak mungkin kedip supaya kotoran ini bisa hilang. Akibatnya, kotoran berkumpul di pojok dan bulu mata yang terlihat dan mengganggu saat bangun tidur,” jelas dokter mata, Aimee Haver, seperti dikutip dari situs Cleveland Clinic.

Nah untuk menghindari agar mata tidak terlalu banyak mengeluarkan belek, sehingga sudah untuk membuka pada di pagi hari, berikut tips yang bisa dilakukan.

1. Menghapus Sisa Make-up
Perlu dipastikan, sebelum tidur sisa dari make-up atau riasan sudah terhapus secara maksimal. Khususnya yang terletak apda area mata. Gunakan bahan yang memang dikhususkan untuk menghapus sisa make-up tersebut.

2. Tidak Sembarangan Menyentuh Mata
Sangat disarankan untuk tidak dengan sembarangan menyentuh wajah, mata, dan kelopak mata. Jika memang ingin menyentuh, maka akan lebih baik jika memastikan tangan dalam keadaan bersih (steril).

3. Hindari Menggosok Mata
Secara tidak sadar, banyak orang yang umumnya menyingkirkan kotoran pada mata dengan cara dikorek menggunakan jari. Dalam hal ini, bisa saja tangan ada bakteri, virus, atau organisme kecil yang bisa memicu terjadinya infeksi mata.

4. Konsultasi Ke Dokter
Meski tergolong hal yang biasa, akan tetapi belekan bisa juga menyebabkan hal serius yang perlu diwaspadai. Apalagi jika sudah disertai dengan gejala sakit mata, bengkak, merah, gatal, dan demam.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close