fbpx
Kesehatan

Tinggi Badan Ikut Berpengaruh Pada Potensi Diabetes

Parentingsehat.com – Tedapat riset baru yang diterbitkan pada Jurnal Doabetologia, mengungkap bahwa orang yang mempunyai tubuh pendek lebih rentan mengidap diabetes tipe 2. Riset ini diperoleh dari 2.500 pria dan perempuan paruh baya di Jerman.

Peneliti melakukan evaluasi lebih dulu pada tinggi badan, berat badan, tinggi duduk, panjang lengan, lingkar pinggang, dan juga tekanan darah. Dari sisi pria, yang menjadi objek riset mempunyai tinggi antara 169,7 hingga 180,3 centimeter. Sedangkan perempuan 157,8 hingga 168,1 centimeter.

Pasca dilakukan penyesuaian usia, gaya hidup, dan pendidikan. Selanjutnya para peneliti menemukan bahwa resiko diabetes ternyata lebih rendah pada orang dengan tubuh yang tinggi. Sama halnya dengan yang sudah ditulis The Indian Express, Senin (16/9/2019), riset tersebut menyebutkan, pria atau perempuan mempunyai resiko diabetes lebih rendah setiap perbedaan tinggi badan 10 cm.

Sementara, menurut riset yang dilakukan oleh German Institute, penurunan adanya kemungkinan diabetes lebih rendah sebesar 41 persen pada pria untuk setiap penambahan 10 cm. Sedangkan untuk perempuan sebesar 33 persen.

“Kami menemukan bahwa semakin tinggi seseorang maka akan memiliki risiko diabetes lebih rendah,” ungkap penulis riset, Matthias Schulze, profesor di University of Potsdam Kepala Departemen German Institute of Human Nutrition Potsdam-Rehbruecke di Nuthetal.

Berdasar dengan temuan tersebut, orang yang mempunyai tubuh rendah juga lebih mudah mengidap liver. Bahkan mereka juga lebih rentan terhadap penyakit jantung dan faktor resiko metabolik seperti halnya tekanan darah tinggi, kolesterol, dan peradangan.

Studi tersebut juga berpendapan, orang yang lebih pendek harus dilakukan  monitor untuk diabetes dan faktor resiko yang ada kaitannya dengan penyakit kardiovaskular.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close