fbpx
Kesehatan

Tidur Siang 1-2 Kali Seminggu Mampu Kurangi Resiko Serangan Jantung

Parentingsehat.com – Jika anda mempunyai porsi libur selama dua hari dalam sepekan, maka sebisa mungkin untuk meluangkan waktu, setidaknya satu jam untuk tidur siang. Terdapat sebuah studi yang mengungkap, tidur siang sebanyak 1 – 2 kali dalam satu minggu, maka dirasa sudah cukup unutk menurunkan resiko penyakit yang terkait dengan kardiovaskular. Seperti halnya stroke, serangan jantung, hingga penyakit pembuluh darah yang lain.

Hasil penelitian tersebut diperoleh pasca peneliti melakukan analisis data dari 3.462 orang berusia 35 hingga 77 tahun di Lausanne, Swiss. Peneliti melacak pola tidur dari setiap partisipan dan kesehatan mereka.

Terdapat 58 persen dari partisipan tidak tidur siang, 19 persen tidur siang satu atau dua kali seminggu, serta 12 persen tidur siang tiga hingga lima kali dalam seminggu. Dan sekitar 11 persen tidur siang dari enam hingga tujuh hari dalam sepekan.

selama lima tahun masa percobaan, peneliti menemukan 155 kasus kardiovaskular. Beberapa diantaranya ialah serangan jantung dan stroke.

Meski tidur siang dianggap baik bagi kesehatan, para ahli tetap menyarankan supaya setiap orang menjalankan pola hidup yang lebih sehat. Seperti halnya diet, olahraga, dan juga tidur malam yang teratur. Sebab, tidur siang tidak bisaberdiri sendiri untuk mencegah penyakit kardiovaskular.

“Perlu lebih banyak bukti untuk mengatakan bahwa tidur siang dapat membantu mengurangi risiko serangan jantung. Ada banyak perubahan gaya hidup lain yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Berolahraga 150 menit seminggu dan konsumsi makanan sehat dapat mengurangi risiko serangan jantung atau stroke,” ucap ahli dari British Heart Foundation vanessa Smith, seperti dikutip dari Metro.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close