fbpx
Kesehatan

Terkait Ria Irawan, Penjelasan Sel Kanker Bisa Menyebar

Parentingsehat.com – Ria Irawan bersama sang suami, Mayky Wongkar memberikan penjelasan terkait penyakit kanker yang dialaminya sejak 2014 lalu. Sel anak kanker endometrium dijelaskan sudah menyebar hingga kepala.

“Itu ada terdapat masa atau tumor di bagian kepala dan ada juga di bagian paru-paru dan massa tumor di bagian kepala itu menekan saraf otak istri saya yang mengakibatkan agak sedikit sulit berbicara, dan kehilangan keseimbangan,” jelas Mayky menurut yang dikutip dari detikcom.

Dokter ahli hematologi onkologi medik dr Nadia Ayu Mulansari, SpPD, KHOM menjelaskan, beberapa jenis kanker mempunyai kemungkinan untuk menyebar. Khususnya yang telah memasuki tingkat anjut, yakni pada fase tiga dan empat.

“Sesuai namanya ya, kanker yang kapsulnya sudah pecah bisa menyebar ke bagian lain. Disebut infiltrasi jika menyebarnya masih di area lokal dan invasi bila sudah menyerang organ tubuh lain,” jelas dokter dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM) tersebut, Sabtu (14/9/2019).

Dijelaskan pula, kanker yang telah masuk pada sistem limfoma atau aluran darah, umumnya lebih mudah untuk menjangkau pada bagian tubuh lain. Kanker yang menyebar hingga limfoma berbeda dengan jenis kanker kelenar getah bening. Hal tersebut ditandai dengan adanya riwayat serta pengobatan pada pasien.

Dr. Nadia menyebut, sangat wajib bagi dokter untuk curiga apabila pasien mempunyai riwayat tersebut serta ditemukan sel kanker pada sistem limfoma. Hal tersebut mungkin menjadi indikasi kanker yang dialami oleh pasien sebelumnya, yakni yang sudah masuk pada aliran limfoma.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close