fbpx
Kesehatan

Terkait Penutup Mata, Thareq Habibie Jelaskan Retinanya Rusak Akibat Diabetes

Parentingsehat.com – Seperti yang tengah diperbincangkan, penutup mata yang dikenakan oleh Thareq Habibie, mampu mencuri perhatian masyarakat umum. Thareq menjelaskan, ia mengunakan penutup mata tersebut lantaran ada kerusakan pada mata yang dialaminya sejak 3,5 tahun yang lalu.

“Diabetes itu mengakibatkan saya jadi glaukoma. Glaukoma adalah di mana di mata terjadi perubahan tekanan. Akibat tekanan yang tinggi itu, di bagian belakang cahaya akan masuk, itu namanya retina ya. Retina itu karena kegencet jadi sel-selnya hancur. 100 persen udah hancur,” ucap Thareq seperti dikutip dari detikcom.

Kondisi dari gangguan retina lantaran diabetes tersebut bukanlah hal yang baru bagi dunia medis. Pasalnya, kondisi tersebut juga disebut retinopati diabetik yang jika dibiarkan, akan berdampak pada penurunan daya penglihatan.

Menurut yang dijelaskan oleh dokter spesialis mata, Dr Gitaliasa Andayani, SpM 9K). gangguan retina, khususnya yang disebabkan oleh diabetes, termasuk pada kategori gangguan mata berat. Bahkan untuk yang terburuk, bisa menyebabkan kebutaan permanen.

“Gangguan retina akibat diabetes atau retinopati diabetik bisa menyebabkan gangguan mata berat. Bisa juga menyebabkan kebutaan, salah satunya akibat glaukoma neovaskular,” jelas dokter spesialis mata dr Gitalisa Andayani, SpM(K), dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM).

Dari sisi glaukoma sendiri, bisa dikenali dengan tanda tekanan dalam bola mata yang mencapai lebih dari 21 mmHg. Dijelaskan, tekanan dalam bola mata jangan sampai terlalu tinggi, serta butuh penangnan dengan cepat. Tujuannya ialah untuk melakukan antisipasi untuk mencegah kebutaan.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close