fbpx
KesehatanHealth

Terdapat 6 Cara Untuk Mencegah Resiko Tumor Otak

Parentingsehat.com – Menurut dari postingan akun Instagram Ria Irawan, Minggu (8/9/2019), ia menjelaskan bahwa tedapat tumor di kepalanya. Meski belum diketahui secara jelas, apakah tumor tersebut bisa dihubungkan dengan kabar kanker limfomanya yang telah bermetastasis.

Akan tetapi, tumor otak sangat dimungkinkan pertumbuhan sel-sel abnormal pada otak. Penyakit tersebut mampu dipicu sebagai tumor otak primer. Yakni yang berawal dari bagian otak itu sendiri. Atau tergolong tumor otak sekunder yang berawal dari kanker bagian tubuh lain, yang pada akhirnya menyebar (metastasis) pada bagian otak.

Dilihat secara umum, tumor otak tidak bisa dicegah. Akan tetapi, ada pula beberapa hal yang bisa dilakukan guna mengurangi resiko terjangkit penyakit tersebut. Seperti dikutip dari beberapa sumber, berikut hal yang bisa dipelajari.

  1. Menghindari paparan terhadap pestisida dan insektisida.
  2. Menghindari pengkonsumsian rokok atau minuman yang mengandung alkohol. Pasalnya, dua kebiasaan ini sangat buruk dan memicu pertumbuhan sel tumor. Bisa juga sel bermetastasis hingga menjadi tumor otak.
  3. Menghindari radiasi yang tidak diperlukan. Pasalnya, beberapa jenis radiasi mampu memicu serangan kanker otak. Termasuk didalamnya ialah radiasi ultraviolet.
  4. Menghindari adanya paparan bahan kimia karsinogenik.
  5. Lebih membiasakan pola hidup sehat. Salah satunya ialah menjaga pola makan dan melengkapi kebutuhan nutrisi tubuh.
  6. Lakukan pengecekan kesehatan secara rutin. Konsultasi dengan dokter secara teratur. Tujuannya ialah untuk menjaga dan memaksimalkan tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari serangan penyakit. Tidak terkecuali juga tumor otak.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close