fbpx
Kesehatan

Tatap Gadget Terlalu Lama Bisa Memicu Mata Kering

Parentingsehat.com – Beberapa faktor bisa menjadi penyebab dari mata kering, seperti halnya degeneratif, ketidakstabilan hormon, serta beberapa penggunaan obat. Akan tetapi, gaya hidup seperti kebiasaan menatap layar gadget terlalu lama juga bisa meningkatkan resiko mata kering.

“Mata kering merupakan kondisi hilangnya keseimbangan komponen air mata yang ditandai dengan berbagai gejala, mulai dari air mata menjadi tidak stabil, peningkatan kekentalan air mata hingga kerusakan atau peradangan pada permukaan mata,” jelas Dokter Spesialis Mata Dry Eye Center Jakarta Eye Center, Dr. Nina Asrini Noor, Sp.M ketika acara Buka Mata Buka Insto di Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (11/9/2019).

Masalah mata kering memang melekat dengan masyarakat Indonesia lantaran rata-rata masyarakat mengakses internet menggunakan perangkat elektroniknya selama kurang lebih 8 jam 36 menit per hari.

“Aktivitas dengan atensi visual atau fokus tinggi dalam durasi waktu lama, seperti menatap monitor atau gawai, dapat menjadi faktor penyebab mata lelah dan kering,” tegas Dr. Nina.

“Membaca buku dan mengemudikan kendaraan juga termasuk kegiatan dengan atensi visual tinggi, yang juga dapat menimbulkan mata lelah atau kering,” imbuhnya.

Sedangkan prevalensi mata kering di dunia mempunyai catatan sekitar 20 hingga 50 persen. Kondisi tersebut menunjukkan bahwa mata kering merupakan masalah kesehatan yang semakin tumbuh, bahkan secara signifikan pada seluruh dunia.

“Meski kadang dianggap sepele karena dianggap hanya menimbulkan perasaan tidak nyaman, permasalahan mata kering yang tidak ditangani dengan baik dapat mengurangi produktivitas,” papar Weitarsa Hendarto, selaku VP Consumer Healthcare & Wellness and International Operations Combiphar.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close