fbpx
Weight Loss

Tanggapan Vegetarian Mengenai Keterkaitan Diet Vegan Dengan Stroke

Parentingsehat.com – Rumor terkait dengan diet vegan yang dihubungkan dengan pemicu resiko stroke langsung ditampik oleh komunitas Indonesia Vegan Society (IVS). Beberapa penelitian dari EPIC-Oxford yang dimuat pada BMJTrusted Source banyak disadur pada berbagai kabar tersebut.

Dalam hal ini, IVS menyebtu bahwa studi yang menjadi dasar laporan yang mereka buat ternyata cacat. serta hanya terkesan menakut-nakuti. “Di seluruh artikel, vegetarian dan vegan dikelompokkan bersama-dan mereka juga ikut dalam penelitian ini. Ini adalah cacat kuncinya,” jelas Karim Taslim, selaku Sekjen WVO (World Vegan Organization) Indonesia.

Karim menilai, terdapat beberapa poin yang dinilai menyesatkan pada studi tersebut. Beberapa diantaranya mencakup :

1. Studi yang Salah
Penulis studi tersebut memberikan pernyataan bahwa sekelompok kecil vegan, vegetarian, dan vegan digabungkan pada satu kelompok diet. Tepatnya dalam analisis utama. Sedangkan menurut fakta, vegan hanya mencapai 2,8 persen dari total peserta penelitian tersebut. Serta hanya 12,1 persen dari kelompok vegetarian pada tempat mereka bergabung. hal tersebut bisa diartikan bahwa hasil yang diambil tidak bisa dijadikan wakil vegan.

2. Tidak Signifikan Secara Statistik
Ilmuwan tidak menghitung hasil yang tidak signifikan secara statistik. Sebelumnya, termasuk studi EPIC-Oxford, tidak memperoleh perbedaan seperti halnya vegan pada kematian akibat stroke. Yang dinyatakan, penulis menyebut vegetarian dan vegan mempunyai kadar vitamin B12, Vitamin D, dan Omega-3 rantai panjang yang lebih sedikit.

3. Fakta Mengenai Peneliti
Hasil penelitian diterbitkan pada jurnal Nutrition, Prevention and Health BMJ yang ditulis oleh ahli gizi, Emma Derbyshire. Ia merupakan anggota dari Meat Advisory Panel dan Choline Advisory Panel. Dengan keterlibatan dirinya pada dua panel tersebut, dikategorikan hasil penelitian sekaligus tulisannya sarat akan kepentingan, bahkan dinilai lebih tendensius.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close