fbpx
Kesehatan

Tak Disangka, Baca Novel Erotis Bisa Hilangkan Stres

Parentingsehat.com – Menurut riset dibuktikan, stres atau gangguan cemas bisa diatasi dengan membaca novel erotis, atau yang menggunakan tema dewasa. Secara umum, cara ini tidak bisa mengobati, akan tetapi bisa membantu mengalihkan perhatian dan deg-degan yang muncul dari kondisi tersebut.

“Kamu bisa meredakan stres atau cemas dengan sesuatu yang menghasilkan respon fisik serupa, misal peningkatan debar jantung. Namun perasaan yang menyertai kedua kondisi tersebut beda. Deg-degan saat stres atau cemas biasanya disertai takut, beda dengan debar saat membaca novel erotis,” ucap konsultan seks dan kesehatan mental Sarah Jane dikutip dari Elite Daily.

Dijelaskan, emosi yang disertai debar jantung ketika membaca nocel erotis cenderung positif dan penasaran. Riset dari York University menyebutkan, mereka yang membaca novel romantus, mempunyai level empati yang lebih baik dibanding bacaan fiksi lain.

Terlepas dari itu, dunia medis juga mengenal fenomena bawah sadar yang disebut Misattribution of Arousal. Fenomena tersebut menyatakan bahwa deg-degan ketika merasa cemas dan stres sama dengan ketika bergairah. Keduanya mampu memicu reaksi kimia serupa, sehingga manusia sangat mungkin mengalihkan stres menjadi suatu yang lebih baik.

Mengenai hal tersebut, konsultan seks Kate Sloan, memberikan dukungan kepada siapa saja yang ingin mencoba meredakan stres dan cemas dengan novel erotis. Akan tetapi, dampaknya belum tentu sama pada pria dan wanita. Pasalnya, bagi wanita novel bisa saja memicu rendah diri lantaran membandingkan dengan kondisi tokoh dalam fiksi.

“Harus diingat novel atau segala hal yang bertema erotis bukan menyembuhkan semua gangguan gelisah, depresi, atau dampak dari trauma. Namun silahkan saja bagi yang ingin mencoba atau berpikir novel erotis bisa membantu mengatasi gangguan stres,” jelas Loan.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close