fbpx
Kesehatan

Sering Dianggap Remeh, 7 Gejala Tipes Ini Patut Diketahui

Parentingsehat.com – Beberapa gejala tipes memang sangat sulit untuk dibedakan dengan gejala Demam Berdarah Dengue (DBD). Oleh karena itu, terdapat beberapa tanda sebagai gejala tipes yang seharusnya diketahui. Apa saja 7 poin tersebut?

Diketahui, sakit tipes dipicu oleh adanya infeksi bakteri salmonella typhi. Umumnya, kuman tersebut langsung masuk dengan melewati mulut, selanjutnya menyebar hingga pada lambung dan usus halus.

Sekedar untuk diketahui, berikut 7 gejala tipes yang dilansir dari beberapa sumber :

1. Demam
baik untuk orang dewasa ataupun anak, semua bisa mengalami demam. Gejala demam ini akan mejadikan suhu tubuh mencapai 39,4 hingga 40 derajat celsius.

2. Selera Makan Berkurang
Sejalan dengan perkembangan bakteri, pasien tipes akan mengalami gejala hilangnya selera makan. Sehingga dalam hal ini, masakan jenis apapun tidak akan masuk untuk dikonsumsi.

3. Batuk Kering
Termasuk salah satu tanda gejala tipes, batuk kering akan bersamaan dengan hilangnya selera makan. Batuk bisa terjadi pada awal minggu sehingga pasien diminta untuk tetap mengkonsumsi makanan bernutrisi.

4. Diare
Tidak bisa dijadikan salah satu patokan, akan tetapi gejala tipes juga bisa menyebabkan perubahan pada sistem pencernaan. Umumnya pasien akan mengalami diare atau bisa juga mengalami sembelit.

5. Lidah
Umumnya bagi orang dengan gejala tipes, bagian tengah lidah akan berwarna putih. Sedangkan pinggiranya akan berwarna merah. Apabila pasien menjulurkan lidah, maka akan terjadi tremor (gemetar).

6. Ruam Merah
Ruam merah pada kulit bisa menjadi tanda gejala tipes yang tampak sama dengan gejala DBD. Sebab, gejala ini bisa muncul pada beberapa pasien yang mengalami DBD.

7. Mual dan Muntah
Yang terakhir, gangguan pada sistem pencernaan seperti rasa mual dan muntah terjadi pada pasien dengan gejala tipes. Hal tersebut dikarenakan bakteri sudah menyerang pada bagian sistem pencernaan.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close