fbpx
Kesehatan

Serangan Jantung Bisa Dicegah Dengan Olahraga Sederhana Di Pagi Hari

Parentingsehat.com – Terdapat riset baru yang menyebutkan, untuk bisa menjaga kesehatan jantung tetap sehat. Pada dasarnya orang tidak perlu datang ke gym. Akan tetapi aktivitas fisik apapun, termasuk juga berjalan kaku, atau bahkan berdiri. Studi yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ), menjelaskan bahwa, duduk lebih dari 9,5 jam bisa meningkatkan resiko mati muda jika tidak disertai dengan aktivitas fisik.

Aktivitas tersebut memang sudah diketahui sejak lama yakni dipercaya mampu memperpanjang usia. Akan tetapi, dalam studi ini disebutkan aktivitas fisik dengan intensitas paling rendah sekalipun, mampu membantu mencegah serangan jantung.

Menurut yang dikutip dari Independent, para peneliti, tepatnya dalam sutdi tersebut. Melakukan perbandingan aktivitas ringan seperti berjalan pelan, atau kegiatan sehari-hari seperti memasak atau mencuci piring. Selanjutnya, aktivitas sedang, termasuk berjalan cepat atau mengepel dan aktivitas berat seperti jogging, membawa beban berat atau menggali.

“Ditemukan bahwa aktivitas fisik apapun intensitasnya, terkait dengan penurunan risiko kematian dini. Penurunan terbesar dalam risiko kematian (sekitar 60-70 persen) ada di antara yang tidak terlalu aktif sampai peserta yang sangat aktif,” ungkap pada tulisan studi tersebut.

Dalam hal ini, peneliti memberikan saran untuk segera mengkampanyekan supaya sedikit duduk dan bergerak semakin banyak dan semakin sering. Hal tersebut juga terkait dengan peringatan dari pemerintah Inggris, bahwa empat dari lima orang mempunyai resiko mati muda sebagai dampak dari serangan jantung ataupun stroke.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close