fbpx
Kesehatan

Saran Dokter Mata Jika Memang Terpaksa Beraktivitas Di Tengah Kabut Asap

Parentingsehat.com – Saran Dokter Mata Jika Memang Terpaksa Beraktivitas Di Tengah Kabut Asap, tepatnya kabut asap yang disebabkan oleh kebakaran hutan. Nah untuk bisa menghadapi kabut asap tersebut, warga Riau dan Kalimantan Tengah idealnya berada di dalam rumah, sehingga mata tidak terpapar zat iritan.

Sangat disayangkan, tetap berada di dalam rumah sangat tidak mungkin bagi sebagian masyarakat. Pasalnya, mereka harus tetap menjalani aktivitas di luar rumah, meski berada ditengah kepungan kabut asap tebal.

“Sebaiknya memang berada di dalam rumah. Jika harus keluar, jangan lupa gunakan pelindung mata dan segera selesaikan kegiatan di luar ruangan,” jelas dokter spesialis mata dr Yulia Aziza, SpM, dilansir dari detikcom.

Nah sebagai tips yang mungkin diperlukan, khususnya bagi warga disekitar kabut asap tetap beraktivitas di luar ruangan. Sebagai tujuannya ialah agar mata tidak terkena iritasi.

  1. Mengenakan kacamata dengan frame lebar. Pasalnya, kacamata dengan bingkai yang lebar, bisa melindungi permukaan mata dari materi kabut asap. Tepatnya yang mempunyai resiko untuk mengakibatkan mata perih.
  2. Mengenakan hem fullface. Penggunaan helm tidak hanya bisa mencegah terjadinya benturan pada kepala, namun juga mempunyai dampak baik bagi kesehatan mata. Akan tetapi, ditengah kepungan kabut asap, penggunan helm ini juga harus serba hati-hati. Akan lebih baik jika helm yang dikenakan menggunakan kaca transparan (bening).
  3. Minimalkan waktu diluar ruangan. Semakin lama berada diluar ruangan, maka semakin besar pula resiko paparan asap menyebabkan iritasi mata. Jadi sebisa mungkin tetap berada dalam ruangan yang minim dengan kepungan kabut asap.

Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close