fbpx
Kesehatan

Saran Dokter Jika Kabut Asap Sudah Ganggu Kesehatan Mata

Parentingsehat.com – Kabut asap yang terjadi di Riau dan Kalimantan Tengah menjadi perhatian banyak orang. Sebab kabut asap diketahui mempunyai resiko untuk kesehatan paru-paru, mata, dan juga bisa menurunkan keselamatan dalam mengemudi lantaran jarak pandang yang terbatas.

“Bahaya kabut asap memang tidak sampai merusak kornea karena masih ada kelopak mata. Tapi paparan kabut asap bisa mengganggu warga karena sifatnya” Ucap dr Yulia.

Apabila mata sudah terasa perih, dr Yulia memberikan saran bagi warga untuk menggunakan obat tetes mta yang bisa diperoleh secara bebas. Tetes mata seharusnya mampu mengatasi masalah mata yang terasa kering dan perih karena asap.

“Jika tak bisa diatasi dengan tetes mata, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter. Misal mata tak hanya terasa perih, tapi juga merah dan berair,” lanjutnya.

Terkait dengan resiko tersebut, dr Yulia juga memberikan saran pada warga, khususnya yang tinggal pada wilayah dekat kabut asap. Tepatnya dengan tidak keluar rumah terlebih dahulu. Akan lebih baik jika warga tetap didalam hingga kabut hilang atau tampak lebih tipis, sebagai tujuannya, ialah untuk menekan atau mengurangi adanya kemungkinan paparan asap pada mata.

Apabila warga masih terpaksa harus keluar rumah, dalam hal ini dr Yulia memberikan saran bagi warga untuk segera menyelesaikan aktivitasnya. Untuk selanjutnya, warga bisa segera kembali ke rumah masing-masing agar tidak terpapar kabut asap.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close