fbpx
Kesehatan

Sangat Penting Cek Kesehatan Sebelum Menikah Untuk Cegah Resiko Anemia

Parentingsehat.com – Terbilang Sangat Penting Cek Kesehatan Sebelum Menikah Untuk Cegah Resiko Anemia. Seperti yang diketahui, anemia merupakan salah satu masalah kesehatan yang begitu rentan dialami oleh banyak orang. Maka dari itu, akan lebih baik memeriksa, apabila ada potensi dari masalah tersebut, khususnya untuk ibu hamil.

Masalah mengenai anemia bisa terjadi pada semua siklus hidup manusia dalam suatu keluarga. Umumnya, banyak ditemukan pada anak usia sekolah, remaja, ibu hamil, dan juga lansia.

Dijelaskan oleh Prof. Dr. Hardinsyah, MS, pada ibu hamil, masalah anemia mungkin masih menjadi ancaman, dan hal tersebut bisa mencapai hingga 48,9 persen. Untuk 70 persen ibu hamil pada trimester pertama dan kedua, akan mengalami yang namanya morning sickness atau mual dan muntah, hal tersebut yang menjadi salah satu faktor anemia.

“Mual dan muntah membuat ibu hamil kekurangan gizi saat hamil tambah parah, ditambah lagi stres. Jadi bisa diperbaiki lewat makanan yang bergizi,” ujarnya di Jakarta.

Lebih lanjut, Prof Hardiansyah juga menjelaskan akan lebih baik sebelum hamil, harus mengurangi adanya resiko anemia. Yakni dengan sering mengkonsumsi kalsium, vitamin B, C, dan B12.

“Sebelum hamil baiknya makan-makanan yang bervitamin yang dapat mencegah anemia. Contohnya, bisa didapat dari buah-buahan. Sebab vitamin-vitamin ini bisa dicadangkan dalam tubuh,” imbuhnya.

Terlepas dari itu, lebih baik memeriksakan diri pada awal pernikahan atau saat menjalani program hamil.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close