fbpx
Kesehatan

Salah Makan Es Krim, Bisa Memicu Keracunan

Parentingsehat.com – Pada cuaca yang sedang panas, mengkonsumsi es krim mungkin menjadi hal yang menyenangkan. Pasalnya, tidak salah jika pada siang hari mengkonsumsi es krim favorit masing-masing.

Akan tetapi, dibalik manisnya camilan favorit tersebut, ternyata bisa menimbulkan adanya ancaman bagi kesehatan. Diungkap oleh para ahli, es krim bisa menjadi penyebab keracunan makan, serta bisa sama buruknya dengan makan daging BBQ yang setengah matang.

“Selain risiko diabetes dan obesitas, es krim benar-benar memiliki potensi untuk membuat Anda sangat sakit,” ucap Amreen Bashir, dosen Ilmu Biomedis di University of Aston, Inggris, seperti dikutip dari Mirror.

Pada tahun 2015 lalu, terdapat lima orang yang dirawat di rumah sakit dan tiga meninggal pasca makan es krim yang sudah terkontaminasi Listeria di Kansas, Inggris.

Pada penjelasannya, Amreen menyebut bahwa kesalahan yang paling umum ialah membekukan kembali es krim yang sudah mencair. “Ini sering terjadi saat orang mengambilnya di freezer dan dibiarkan mencair setelah itu diletakkan kembali untuk dimakan nanti,” jelasnya.

seperti yang diketahui, es krim bisa mencair dengan mudah pada suhu ruangan. Dan cairan manis merupakan wadah yang baik untuk bakteri seperti Listeria. Es krim yang sudah mencair kemudian dibekukan kembali, bakteri yang tumbuh bisa dua kali lebih banyak.

“Buat es krim dengan susu dan krim yang dipasteurisasi. Usahakan hindari penggunaan telur mentah agar es krim bebas bakteri dan aman dikonsumsi,” pungkas Amreen.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close