fbpx
Kesehatan

Rokok Vape Punya Pengaruh Pada Kesehatan Gigi

Parentingsehat.com – Vape sudah diketahui dan terbukti mempunyai bahaya yang sama dengan rokok tembakau. Dari mulai yang meledak di mulut pengguna, hingga serangan pnemuomonia yang terjadi di Amerika Serikat menjadi buntut panjang dari deretan resiko pengunaan rokok eletrik tersebut.

Dari sisi mana merokok vape bisa menimbulkan pengaruh untuk gigi? Dalam hal ini, pengguna juga harus paham tentang alasannya. Dalam hal ini perlu dipikirkan bagaimana vape bekerja, yaitu dengan memanaskan cairan, tepatnya untuk mengubah cairan menjadi uap yang bisa dihirup.

Matthew Messina, selaku juru bicara American Dental Association, menjelaskan dampak dari vape pada gigi. Sama halnya dengan merokok tembakau yang merusak gigi, vape pun sama dari segi bahaya.

“Dengan merokok vape, kita menyediakan panas di mulut yang mengubah keberadaan bakteri di mulut. Itu mengeringkan mulut,” ucap Messina seperti dilansir Health, Senin (16/9/2019).

Lebih lanjut, Messina juga menjelaskan bahwa suhu mulut yang lebih hangat pada saat vaping menciptakan lingkungan menguntungkan untuk bakteri berbahaya. vaping mampu menyebabkan kerusakan pada gigi, seperti halnya berlubang, keropos tulang, dan jaringan gusi yang meradang.

Messina menilai, sangat penting untuk menekankan fakta bahwa sementara vaping merupakan hal baru serta tengah dipelajari secara aktif.

“Tingkat kerusakan gigi meningkat, kadang-kadang secara dramatis, jika kita mengeringkan mulut,” jelas Messina.

“Nikotin akan menodai gigi. Itu juga menempel pada enamel dan membuatnya lebih kasar, sehingga plak dan benda berwarna lainnya akan menempel lebih mudah dan menumpuk.” imbuhnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close