fbpx
Kesehatan

Riset Menyebut Kemiskinan Bisa Memicu Penuaan Dini

Parentingsehat.com – Penuaan merupakan kondisi yang tidak bisa dihindari oleh siapapun. Pasalnya, hal tersebut bisa terjadi lebih cepat ataupun lambat pada seseorang, akan tetapi bisa pula disebabkan oleh berbagai faktor.

Seperti halnya genetik (turunan), gaya hidup, dan lingkungan bisa menjadi salah satu yang ikut berpengaruh pada proses penuaan. Sedangkan pada penelitian terbaru, diketahui bahwa kemiskinan yang terjadi pada orang dewasa bisa saja memicu seseorang lebih cepat mengalami penuaan.

Hasil penelitian tersebut sudah dipublikasikan pada European Journal of Aging. Riset dilakukan pada 5.500 orang berusia paruh baya menerapkan beberapa tanda penuaan seperti kemampuan fisik, fungsi kognitif, dan juga tingkat peradangan.

Hasil tersebut selanjutnya dibandingkan dengan pendapatan partisipan selama 22 tahun menjelang tes tersebut. Pendapatan tahunan menghasilkan, 60 persen dibawah rata-rata tergolong miskin.

“Kami telah menemukan bahwa terdapat hubungan signifikan antara kesulitan finansial dan penuaan dini. Hal ini penting untuk menentukan langkah pencegahan yang tepat,” ungkap peneliti Rikke Lund, profesor dari University of Copenhagen.

“Dengan hasil temuan ini, kami menunjukkan bahwa kemiskinan merupakan indikator kuat penuaan dini, pengetahuan ini bisa digunakan untuk mencegah masalah,” imbuhnya.

“Terdapat perbedaan signifikan antara hasil tes. Seseorang yang berada di bawah garis kemiskinan selama empat tahun atau lebih selama dewasa, menunjukkan hasil yang lebih buruk secara signifikan dibanding mereka yang tak pernah miskin,” lanjutnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close