fbpx
Bayi

Riset Menyebut, Bayi Lahir Caesar Lebih Berisiko Terkena Asma Dan Infeksi Usus

Parentingsehat.com – Salah satu peneltian menemukan bahwa bayi yang lahir secara caesar, lebih mempunyai resiko infeksi usus dan mengalami asma, tepatnya jika dibandingkan dengan dilahirkan secara normal. Hal tersebut lantaran bayi hasil proses persalinan normal memperoleh sebgaina bakteri ususnya (microbiome) dari ibu mereka, sedangkan yang lahir caesar tidak demikian.

Diungkap oleh para peneliti dari Wellcome Sanger Institute, UCL, University of Birmingham, peranan bakteri usus pada bayi memang belum terlalu jelas. Mereka menyebut masih belum tahu, apakah perbedaan keadaan ketika lahir ini akan mempunyai dampak pada kesehatannya di kemudian hari.

Dikatakan oleh Profesor klinis di UCL, dr Nigel Field, ketika di dalam rahim, bayi masih sangat steril. Akan tetapi, saat mereka dilahirkan merupakan waktu yang tepat untuk membentuk sistem kekebalan tubuh.

“Ketika mereka dilahirkan, sistem kekebalan tubuh terbentuk dari sejumlah bakteri yang tersedia. karena saat dilahirkan, terjadi proses termostat yang menentukan kualitas sistem kekebalan tubuh sang bayi untuk di masa yang akan datang,” ungkap dr Field.

“Singkatnya, perbedaan yang kami temukan antara keduanya sangat signifikan. Mereka dilahirkan dengan keadaan yang sama-sama sehat dengan bateri usus yang dimilikinya, namun belum diketahui bagaimana dampak kedepannya bagi kesehatannya,” imbuhnya.

Untuk bisa mengetahui, para peneliti melakukan riset 1.679 sampel bakteri usus dari 596 bayi dan 175 ibu. Dan hasilnya, sesuai dengan apa yang sudah dipaparkan.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close