fbpx
Nutrition

Reverse Diet, Tidak Takut Gemuk Meski Makan Banyak Kalori

Parentingsehat.com – Reverse diet memang tengah tern untuk bisa meminimalisir kenaikan lemak dalam tubuh. Program ini banyak diterapkan oleh atlet bodybuilders yang ingin meningkatkan tingkat energi sembari mempertahankan penurunan berat badan, serta komposisi tubuh mereka. Yang menjadi pertanyaan, apa itu reverse diet?

Dijelaskan oleh Ahli nutrisi Mochammad Rizal dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI), Reverse diet merupakan strategi diet dengan menaikkan kalori secara terkontrol dan juga bertahap. Sebagai tujuannya, ialah untuk meningkatkan metabolisme tubuh sekaligus meminimalisir adanya kenaikan lemak.

Rizal menilai, meski berlu terbukti secara ilmiah terkait dengan reverse diet, akan tetapi tampak mampu mencegah kenaikan berat badan pada sejumlah orang yang menerapkannya.

“Meskipun penelitian yang membahas tentang reverse diet masih terbatas, namun dilihat dari pengalaman orang-orang yang melakukan, cara ini efektif,” ungkap Rizal seperti dilansir dari detikcom, Sabtu (21/9/2019).

Lebih lanjut, Rizal juga menyebut bahwa hal tersebut perlu diingat pula tujuan utama dari reverse diet. Yakni untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Dan pada saat metabolisme naik, maka seseorang mampu mempertahankan berat badan dan komposisi tubuh saat ini dengan adanya asupan kalori lebih banyak. Serta bisa membantu proses penurunan berat badan lebih efektif pada kemudian hari.

Diet Reverse menjadikan seseorang bebas makan lebih banyak tanpa harus ada rasa takut untuk berat badan menjadi naik.

Terlepas dari reversi diet, ada pula beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatur metabolisme tubuh. Beberapa diantaranya ialah dengan memperbanyak aktivitas fisik (gerak), olahraga, tidak yang cukup, dan juga istirahat diet yang kemudian dilanjutkan lagi pada jeda yang sudah ditentukan.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close