fbpx
Resep

Rempah Biji Pala Jadi Primadona Di Italia

Parentingsehat.com – Hingga September 2019, Italia masih tetap menjadi pasar yang sangat potensial bagi ekspor bunga pala asal Provinsi sulawesi Utara (Sulut). Sejak beberapa tahun terakhir, pemintaan komoditas pala untuk Italia sangatlah tinggi. Pasalnya, hampir tiap minggu terjadi pengiriman, baik itu biji atau bunga pala.

“Kali ini, mengekspor bunga pala atau fuli ke Italia sebanyak empat ton dan mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 67.800 dolar Amerika Serikat (AS),” ungkap kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut, Jenny Karouw, di Manado, Senin (23/9/2019).

Dijelaskan lebih lanjut, sejak januari hingga Juni, bunga pala yang di ekspor ke luar negeri termasuk Italia sebanyak 194.733 kilogram serta mampu menghasilkan devisa bagi negara sebesar 1,37 juta dolar AS.

“Komoditas pala khususnya dari Kepulauan Siau yang dikenal dengan Pala Siau sangat diminati oleh pembeli dari Eropa,” paparnya.

“Sejak dulu produk turunan pala memang diminati pasar luar negeri, termasuk Argentina dan negara lain di Benua Amerika, karena sangat banyak manfaatnya bagi masyarakat, antara lain untuk rempah-rempah, rasanya yang sangat khas,” lanjutnya.

Terlepas dari Eropa dan Amerika, biji pala produksi Sulawesi Utara juga mulai diminati oleh pasar Afrika. “Minat tersebut ditandai dengan makin banyaknya permintaan ekspor pala dan bunganya ke berbagai negara di dunia. Ini menunjukkan mutu komoditas pala di daerah ini cukup baik,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close