fbpx
Kesehatan

Ratusan Ribu Warga Terserang ISPA, Kemenkes Bagikan Masker

Parentingsehat.com – Dampak dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang parah, kualitas udara di Riau pada Sabtu (14/9/2019) masuk pada kategori level berbahaya serta tidak sehat untuk dihirup. Kondisi tersebut ditetapkan dengan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) mencapai 353.

Data tersebut baru diterima BMKG pada Jumat (13/9/2019) pukul 07.00 WIB. Tidak hanya pada Riau, wilayah lainnya yang terdampak, yaitu Jambi, dengan ISPU yang juga mencapai 239, masuk pada kategori tidak sehat. Sedangan Sumatera Selatan, berada pada level sangat tidak sehat dengan ISPU 287. Kalimantan Barat berada pada level sedang pada tingkat ISPU 129.

Sebagai dampaknya, warga pun banyak yang terserang infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Menurut yang tercatat, sebanyak 9.512 warga terserang ISPA di Pekan Baru. Bahkan terdapat 64.147 penderita ISPA yang berada di Jambi. Di Palembang, penderita ISPA yang tercatat mencapai hingga ratusan ribu, yaitu sebanyak 106.550. Sedangkan untuk wilayah Palangkaraya, mencapai hingga 23.324 penderita.

Sebagai langkah tanggap, Dinas Kesehatan setempat langsung menyiapkan Puskesmas yang bekerja 24 jam, pos kesehatan, pembangunan rumah singgah, promosi kesehatan, dan juga distribusi logistik kesehatan selayaknya pembagian masker.

“BBTKL (Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan) telah melakukan pengukuran kualitas udara di wilayah terdampak karhutla. Selain itu promosi kesehatan terus dilakukan melalui website dan media sosial, dan mobilisasi medis kegawatdaruratan,” ungkap Kepala Bito Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Drg. Widyawati, MKM, seperti dilansir dari Suara, Sabtu (14/9/2019).

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close