fbpx
Kesehatan

Punya Darah Manis Lebih Sensitif Terhadap Gigitan Serangga

Parentingsehat.com – Darah manis (Prurigo) merupakan kondisi kulit seseorang yang sangat sensitif terhadap gigitan serangga. Orang dengan darah manis tersebut, lebih cenderung mempunyai bekas luka yang tidak bisa hilang dengan cepat.

Ketika orang dengan darah manis digigit serangga, seperti halnya nyamuk, maka responnya akan berlebihan. bahkan bekas gigitan yang tersisa bis abertahan hingga waktu lama di kulit.

“Biasanya, orang yang punya darah manis itu saat digigit nyamuk misalnya, responnya pasti akan heboh. Baru digigit sekali langsung muncul bentol yang pastinya lama untuk hilang,” jelas dr Susie Rendra, SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI), Kamis (12/9/2019).

Lebih lanjut, dr Susie juga menyebut bahwa untuk orang awam, pasca digigit serangga, dampaknya akan hilang dengan cepat. Sangat berbeda dengan orang yang mempunyai darah manis, sebab bekas luka sulit hilang.

“Darah manis tuh baru digigit sebentar, langsung bentolnya lama, bengkaknya lama, sembuhnya lama. Pastinya juga akan meninggalkan bekas pada kulit,” paparnya.

Untuk menerapkan penanganan, dr Susie memberikan saran untuk melakukan pencegahan supaya gigitan serangga pada kulit tidak terjadi. Cara termudak ialah dengan mengenakan pakaian yang bisa melindungi tubuh.

“Pencegahan gigitan itu yang paling penting sih. Dan saya juga suka bingung, sudah tau dia punya darah manis, tapi masih saja kemana-mana pakai celana pendek atau baju pendek. Itu kan jelas-jelas tidak melindungi kulit dari gigitan serangga atau semacamnya,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close