fbpx
Kesehatan

Psikiater : Vape Mempunyai Dampak Buruk Untuk Kesehatan Jiwa

Parentingsehat.com – Tercatat hingga 11 September 2019, terdapat sebanyak 6 kasus kematian yang dikaitkan dengan penggunaan rokok elektrik (vape) di Amerika Serikat (AS). Disebutkan oleh The Center for Disease Control anda Prevention (CDC), ada lebih dari 450 kasus penyakit baru yang ada kaitannya dengan vape yang saat ini sedang di investigasi.

Selain mempunyai dampak bahaya bagi paru dan beresiko terkena lipoid pnemumonia, ternyata vape juga mempunyai bahaya untuk kesehatan mental dan kejiwaan dari seseorang.

Dikatakan oleh dr Tribowo Ginting, SpKJ, dari RS Persahabatan, kandungan nikotin yang ada pada vape bisa meningkatkan dopamin yang mampu memberikan efek relaks, serta juga rasa nyaman pada tubuh seseorang. Hal tersebut juga bsia memberikan efek yang menyebabkan kecanduan.

Terlepas dari nikotin, kandungan lain yang tedapat pada vape mencakup ganja dan amfetamin, juga bisa meningkatkan resiko gangguan mental dari para penggunanya. Dan penggunaan vape secara terus-menerus, bsia memunculkan efek halusinasi, depresi, serta kondisi pada gangguan mental lainnya.

“Penggunaan yang terus menerus dapat menyebabkan ketergantungan. Kalau tidak pakai seseorang bisa jadi depresi,” ucap dr Tribowo menurut yang dilansir dari detikcom, Senin (16/9/2019).

Dokter Tribowo juga memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengurangi penggunaan rokok. Baik itu secara konvensional atau penggunaan vape.

  1. Yakin dan perkuat niat
  2. Ketahhui dampak dan juga keuntungan dari merokok. Baik dari sisi kesehatan, finansial,ataupun keluarga.
  3. Mencari dukungan dari tenaga medik, keluarga dan lingkungan.
  4. Hindari rokok sekaligus hal-hal yang berkaitan dengan kebiasaan buruk tersebut.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close