fbpx
Kesehatan

Pertolongan Pertama Pada Saat Mata Mengalami Iritasi Akibat Kabut Asap

Parentingsehat.com – Munculnya kabut asap pada beberapa wilayah di Indonesia memunculkan berbagai masalah. Salah satunya ialah terkait dengan kesehatan mata.

Selama ini, masalah yang sering menjadi sorotan lantaran kabut asap berfokus pada gangguan sistem pernapasan. Akan tetapi, sebenanya masalah pada bagian mata juga bisa terjadi akibat kabut asap tersebut.

“Selain saluran napas, juga mata karena (area mata) daerah terbuka,” ungkap dokter spesialis mata, Surya Utama seperti yang dilansir dari health liputan6.com.

Lebih lanjut, dijelaskan pula bahwa efek dari kabut asap menimbulkan mata terkena iritasi alias peradangan. Entah itu radang ringan ataupun berat. Apabila iritasi tersebut sudah terjadi, maka terdapat saran untuk langsung melakukan pertolongan pertama dengan menggunakan obat tets mata yang dijual secara bebas. Dan jika sudah dalam kategori parah, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.

“Namun, kalau sudah diberikan (obat tetes mata) mata tetap merah, meradang, banyak keluar kotoran, penglihatan kabur lebih baik segera saja ke dokter mata,” ungkap Surya.

Selain itu, Surya juga berpesan kepada para warga, khususnya yang terdampak kabut asap, untuk melakukan tindakan pencegahan supaya mata tidak sampai terkena iritasi. Hal pertama yang bisa dilakukan ialah dengan memberikan batasan aktivitas di luar ruangan.

“Kalau berada di luar ruangan pakai kacamata pelindung (safety goggle),” pungkas dokter yang sehari-hari praktik di Eka Hospital Pekanbaru Riau tersebut.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close