fbpx
Kesehatan

Pertama Kalinya Peneliti Mengaitkan Daging Ayam Dengan Resiko Kanker

Parentingsehat.com – Jika pada umummya resiko kanker tinggi pada konsumsi daging mentah. Akan tetapi, terdapat sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Oxford University. Mereka menemukan keterkaitan adanya resiko kanker pada pengkonsumsian daging putih, seperti halnya daging ayam.

Dijelaskan bahwa, pada penelitian tersebut melacak daro total 475.000 warga Inggris paruh baya, mulai dari tahun 2006 hingga 2014. Disebutkan, peneliti melakukan analisis pola makan serta penyakit yang dikembangkan. Dan hasilnya, terdapat sekitar 23.000 orang yang mengembangkan penyakit kanker.

Dikarenakan hasil tersebut, untuk pertama kalinya para peneliti menyebut bahwa konsumsi daging ayam mempunyai kemungkinan resiko lebih tinggi terjangkit kanker limfona non-Hodgkin, serta juga mampu meningkatkan kanker prostat pada kalangan pria.

Peneliti menyebutkan, dengan adanya asupan unggas maka secara positif terdapat resiko melanoma ganas, yang mungkin berkembang secara signifikan dalam tubuh. “Asupan unggas secara positif terkait dengan risiko melanoma ganas, kanker prostat, dan limfoma non-Hodgkin,” jelas peneliti seperti yang dikutip dari The Sun.

Akan tetapi, penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Epidemiology and Community Health tersebut, juga tidak memberikan penjelasan secara pasti. Tepatnya dari sisi keterkaitan antara daging ayam dengan peningkatan resiko kanker. Baik itu karena kandungan karsinogen didalamnya, atau karena metode memasak yang menjadi faktor pemicunya.

“Kaitan asupan unggas dengan kanker prostat dan limfoma non-Hodgkin masih memerlukan penyelidikan lebih lanjut,” pungkas peneliti tersebut.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close