fbpx
Kesehatan

Perlu Diwaspadai, Sembarangan Pakai Pemutih Bisa Membuat Gigi Rapuh

Parentingsehat.com – Pada jaman yang sudah serba canggih, banyak iklan yang yang bisa ditonton diberbagai media. Hanya dengan modal olesan, gigi tampak putih secara instan.

Lantaran mempunyai efek yang instan, tidak sedikit orang yang merasa tertarik utnuk membelinya. Sangat disayangkan, tidak banyak pula orang yang paham zat pemutih mampu merusak gigi. Khususnya apabila digunakan secara berlebihan tanpa resep dan takaran dokter.

Akan tetapi sangat miris, bahan pemutih gigi tersebut justru bisa diperjualbelikan secara bebas.

“Itu (obat pemutih gigi) juga rame, tergantung pada zatnya itu sendiri, zatnya itu memang ada yang merapuhkan jika terlalu banyak, jadi kalau dikit aja enggak (bermasalah),” ungkap Drg. Budiono Susilo, MPH di Jakarta Convention Center (JCC), Jakara Selatan, Jumat (13/9/2019).

Pada dasarnya bahan pemutih tidak mengganggu pada fungsi mengunyah. Lantaran sistem kerjanya tidak mengubah postur ggi. Namun jika berlebihan, maka gigi akan mudah rauh dan kekuatannya akan hilang.

“Ada (pemutih gigi di kedokteran) tapi itu semua biasanya ada kadar maksimalnya, kadarnya tidak boleh melebihi kadar maksimal, kalau melebihi kadar maksimal kekuatan gigi streng-nya juga hilang,” tegasnya.

Drg. Budiono menyarankan, akan lebih baik jika masyarakat lebih mengutamakan fungsi dari gigi tersebut dibanding hanya untuk estetika penampilan.

“Kalau saya lebih tertarik pada fungsi, karena gigi itu tidak hanya pada estetika, lebih ke arah fungsi, estetika bagus tapi kalau fungsi pengunyahannya jelek gimana,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close