fbpx
Jalan Jalan

Perhatikan Hal Ini Jika Hendak Berlibur Ke Pulau Komodo

Parentingsehat.com – Ketika berkunjung ke Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), tidak lengkap rasanya jika belum mampir ke Pulau Komodo. Berada pda sebelah timur Pulau Sumbawa, lokasi ini sekarang menjadi Taman Nasional Komodo.

Meski sudah ditetapkan menjadi kawasan Taman Nasional Komodo, tidak berati wisatawan bisa bebas begitu saja berkunjung tanpa memperhatikan beberapa hal. Seperti dilansir dari Republika yang bertemu dengan penduduk lokal Pulau Komodo, Arjun (24 tahun), menjelaskan bahwa wisatawan yang berknjung harus memperhatikan beberapa perilaku yang tidak boleh dilakukan pada saat berada di Pulai Komodo.

“Kalau mau bawa air minum itu jangan dibawa dengan cara diayun-ayunkan. Komodo itu buta warna, tapi kalau melihat benda yang diayun-ayunkan itu seperti memancing dia. Sama juga kalau bawa kamera atau apapun jangan dipegang dengan diayun-ayunkan,” jelas Arjun.

Lebih lanjut, Arjun juga mengungkap bahwa semua hal tersebut tidaklah sepele. Ia bercerita tentang pengalaman sebelumnya, pernah ada wisatawan yang mengalami hal buruk lantaran tidak patuh pada aturan tersebut.

“Waktu itu tamunya tidak memperhatikan apa yang kita bilang. Benar, terus dikejar komodo, nah saat itu pawangnya langsung menahan (komodo). Tapi wisatawan ini bukan melanggar sengaja, dia mungkin lupa saja,” ungkap Arjun.

“Di Pulau Komodo itu ada pawangnya, dia akan menjelaskan semuanya. Makanya dengarkan saja dan harus diingat dan dipatuhi,” tandas Arjun.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close