fbpx
Kesehatan

Perawatan Kanker Baru Bisa Cegah Rambut Rontok Akibat Kemoterapi

Parentingsehat.com – Baru-baru ini peneliti menemukan perawatan kanker baru yang bisa mencegah rambut rontok akibat kemoterapi. Studi dipublikasikan pada jurnal EMBO Molecular Medicine tersebut menjelaskan, bagaimana kerusakan pada folikel rambut yang disebabkan oleh taxanes, obat kanker yang bisa menimbulkan kerontokan rambut permanen, bisa dicegah.

Menurut yang dikutip dari Times of India, untuk menerapkan hal tersebut, tim peneliti sudah melakukan eksploitasi sifat-sifat obat yang lebih baru yang disebut penghambat CDK4/6, sehingga menghambat pembelahan sel dan secara medis sudah disetujui sebagai cara yang disebut terapi kanker terget.

“Meskipun pada awalnya, ini tampaknya berlawanan dengan intuisi, kami menemukan bahwa penghambat CDK4 / 6 dapat digunakan sementara untuk menghentikan pembelahan sel tanpa mempromosikan efek toksik tambahan pada folikel rambut. Ketika kami memandikan folikel rambut kulit kepala manusia yang dikultur organ dalam inhibitor CDK4 / 6, folikel rambut jauh lebih rentan terhadap efek merusak dari taxanes,” ungkap ketua penulis studi Talveen Purba dari University of Manchester.

“Bagian penting dari penelitian kami adalah pertama-tama memahami bagaimana tepatnya folikel rambut merespons kemoterapi takson, dan kami menemukan bahwa sel pembagi khusus pada dasar folikel rambut yang sangat penting untuk menghasilkan rambut itu sendiri, dan sel induk dari mana mereka muncul, paling rentan terhadap taxanes,” lanjutnya.

“Oleh karena itu, kita harus melindungi sel-sel ini paling dari efek kemoterapi yang tidak diinginkan—tapi agar kanker tidak mendapat untung dari itu,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close