fbpx
Kesehatan

Penyebab Sekaligus Cara Atasi Suara Serak Di Pagi Hari

Parentingsehat.com – Pernah terpikir bahwa suara mengalami perubahan ketika bangun tidur? Dari sini terkadang suara sedikit berat, serak, terganggu, akan tetapi juga terdengar begitu menarik.

Terdapat beberapa alasan yang menjadi dasar atau penyebab dari hal tersebut. Seperti yang dilansir dari Cheveland Clinic, suara serak berbeda dengan serak yang terjadi akibat penyakit radang tenggorokan. Suara serak pada pagi hari merupakan tanda bahwa kualitas tidur dalam keadaan nyenyak.

Hal tersebut disebabkan ketika sedang tidur, jaringan di tenggorokan mengumpulkan cairan. Sehingga menyebabkan mata tampa bengkak ketika bangun tidur. Jarangnya menggunakan pita suara di malam hari, juga berdampak pada penumpukan lendir, tepatnya pada jam-jam tidur.

Pada orang yang posisi tidurnya dalam keadaan mangap, atau mulut terbuka, menjadikan pita suara lebih cepat kering. Serta kurangnya lubrikasi juga dinilai bisa mengganggu pita suara untuk bergerak.

“Yang jelas, suara serak di pagi hari disebabkan kumpulan cairan yang terkumpul di jaringan tenggorokan kita semalaman. Bernapas lewat mulut jadi penyebab kedua. Refluks asam, yang berarti asam di perut naik ke esofagus, juga bisa menyebabkan suara serak saat kita bangun. Memakan makanan sebelum tidur atau makanan pedas juga bisa jadi penyebab,” jelas Susan Bekley, penulis buku Speak To Influence: How To Unlock The Hidden Power Of Your Voice, seperti yang dikutip dari Medical Daily.

Cara mengatasinya, Menurut Susan, disarankan untuk tidur dengan posisi kepala agak lebih tinggi. Kemudian minum dua gelas air ketika sedang bangun tidur.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close