fbpx
Kesehatan

Penutup Mata Thareq Habibie Bisa Dipakai Untuk Terapi

Parentingsehat.com – Dr Florence Meilani Manurung, SpM selaku dokter mata dari Jakarta Eye Center, menjelaskan bahwa sebutan medis untuk penutup mata seperti yang digunakan oleh Thareq Habibie ialah oklusi. Oklusi medus juga bisa dipakai oleh mereka yang mengidap mata malas atau ambliopia.

Sekedar informasi, Ambliopoia merupakan gangguan mata seperti halnya penurunan tajam penglihatan lantaran adanya gangguan perkembangan penglihatan. Pada dasarnya mata selalu sehat, akan tetapi ada sesuatu yang sudah terjadi sehingga menyebabkan penglihatan berhenti berkembang dengan baik, atau bahkan semakin buruk.

Seperti yang dikutip dar nhs.uk, apabila mata malah mempunyai kesalahan fokus, maka diperbaiki dengan mengenakan kacamata terlebih dahulu. Akan tetapi, jika penglihatan tetap berkurang atau tidak diperlukan kacamata, maka terapi oklusi bisa diterapkan untuk meningkatkan penglihatan pada mata malas.

“Penggunaan oklusi biasanya pada anak usia 6-12 tahun yang memiliki indikasi mata malas,” demikian seperti yang dikutip dari situs tersebut.

Meski pada umumnya kondisi tersebut dialami oleh kalangan anak, bukan tidak mungkin jika kalangan dewasa juga bisa mengidap penyakit tersebut. Akan sangat penting bahwa, pemakaian oklupasi harus dilakukan persis seperti yang sudah dianjurkan atau diperintahkan oleh dokter.

Bisa diambil kesimpulan, penutup mata tersebut bukan hanya untuk alat bergaya atau menutupi kekurangan. Melainkan juga sebagai alat terapi yang mempunyai kegunaan untuk memperbaiki kesehatan mata.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close