fbpx
KesehatanTrending

Penjelasan Terkait Viralnya Pemotor Nyaris Pingsan Karena Kabut Asap Di Riau

Parentingsehat.com – Terdapat sebuah video yang beredar dan menunjukkan seorang wanita di Dumai, Riau, ditolong oleh tiga pria lantaran hampir terjatuh dari motornya. Dijelaskan bahwa ia sesak nafas lantaran berkendara di tengah kabut asap yang pekat.

“Kejadiannya tadi pagi, di Sultan Syarif Kasim depan Kantor Bank Riau-Kepri. Ibu yang di atas motor tadi kabarnya mengalami sesak nafas ,” ucap salah satu warga, Oyon, seperti dilansir dari detikcom.

Dalam hal ini, muncul beberapa pertanyaan yang salah satunya terkait dengan polusi udara, khususnya yang para dan bisa secara langsung menimbulkan dampak pada turunnya kesadaran.

Menurut yang dikutip dari situs resmi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), secara umum polusi yang terhirup bisa menimbulkan peradangan pada sistem pernafasan. Sebagai dampaknya, paparan polusi yang akut bisa menyebabkan seseorang menjadi kesulitan untuk bernafas.

“Partikel beracun dari polusi yang kadang bisa sekecil molekul dapat menembus lapisan pelindung paru-paru setiap tarikan napas. Di dalam paru-paru partikel akan memicu inflamasi sebagai reaksi perlawanan tubuh,” jelas WHO pada video edukasinya.

Diketahui, otak membutuhkan suplai oksigen yang terhitung cukup supaya bisa berfungsi dengan baik dan optimal. Maka dari itu, ketika kinerja partu-paru terganggu, khususnya karena paparan polusi, maka bisa pula berdampak pada kesadaran seseorang yang pada akhirnya menurun.

Pada tingkat normal, polusi mungkin masih bisa diatasi oleh sistem pernafasan, namun jika sudah berlebih. Justru bisa menjadi suatu hal yang berbahaya bagi kesehatan.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close