fbpx
Kesehatan

Penjelasan Ilmiah Kenapa Sangat Sulit Mengingat Mimpi Semalam

Parentingsehat.com – Secara tidak sadar kita menghabiskan sepertiga waktu dalam sehari untuk tidur. Dalam hal ini sebagian besar akan melaibatkan mimpi. Akan tetapi, sebagian besar orang juga tidak bisa mengingat mimpi tersebut meski terkadang masih ada bayang-bayang secara samar.

“Kita memiliki kecenderungan untuk segera melupakan mimpi,” jelas ahli saraf di Monash University Melbourne, Australia, seperti dikutip dari Live Science.

Memang sangat sulit percaya jika kita bermimpi, tepatnya ketika tidak mengingat apapun terkait mimpi tersebut. Namun, beberapa orang terkadang mengingat mimpinya saat bangun pada waktu yang tepat.

Meski tidak mempunyai alasan pasti, beberapa dari studi menyebutkan bahwa proses ingatan selama tidur mengarah pada ide yang menjelaskan mengapa seseorang mudah lupa akan suatu hal. Terlepas dari itu, kebanyakan mimpi tidak berkesan ataupun tidak mempunyai arti.

Sebagai contoh, apakah bisa mengingat ketika seseorang menyikat gigi pada pagi hari? kebanyakan dari mereka akan menjawab tidak, hal tersebut lantaran bisa saja pikiran tersebut bukanlah informasi yang penting.

Dalam hal ini, otak lebih cenderung untuk membuang hal yang tidak perlu serta tidak mempunyai informasi tinggi. Khususnya mimpi yang tidak masuk akal, mungkin akan dianggap sebagai pikiran absurd serta dianggap tidak penting untuk diingat oleh otak.

Akan tetapi, mimpi yang sifatnya lebih jelas, seperti halnya emosional, tampak lebih mudah untuk diingat lantaran memicu pemikiran lain. Misal, mimpi ketemu seseorang yang sudah meninggal dunia.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close