fbpx
Kesehatan

Penjelasan Ahli Terkait Minum Air Dingin Pada Penderita Maag

Parentingsehat.com – Pada media sosial, khususnya informasi tentang penderita maag, seseorang bisa menemukan dengan mudah informasi terkait dengan tips kesehatan. Hal ini bisa menjadi hal positif jika informasi tersebut memang benar. Akan tetapi, kabar yang beredar justru sering mengandung berita bohongbatau hoaks.

Dalam hal ini diambil contoh mengenai himbauan untuk menjauhi kebiasaan minum air dingin atau air es lantaran tidak baik bagi penerita sakit maag. Dijelaskan oleh ahli pencernaan Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), bahwa hal tersebut tidak sepenuhnya benar.

“Itu hoax juga. Karena pada prinsipnya kita minum air dinginpun di dalam tubuh akan disesuaikan. Umumnya kalau air dingin itu lebih ke rangsangan di kerongkongan, itu poinnya. Kalau untuk yang lain-lain enggak masalah,” jelas dr Ari pada detikcom dan ditulis Selasa (17/9/2019).

Meski tidak ada masalah untuk minum air dingin, akan tetapi, dr Ari juga menyarankan bahwa air hangat lebih dianjurkan jika sakit maag seseorang sedang kambuh. Sebagai alasannya, lantaran air hangat mampu bekerja lebih cepat untuk menetralisir asam di lambung.

“Kalau dalam kondisi akut lebih dianjurkan misalnya teh hangat dibandingkan air dingin. Karena dia lebih cepat menetralkan asam lambung. Ph lambung tinggi dengan air yang hangat itu dia cepat netral dibandingkan air dingin,” ucap dr Ari.

“Ini cuma masalah yang sebaiknya,” tandas dr Ari.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close