fbpx
Kesehatan

Penjelasan Ahli Tentang Pemakaian Maskara Berlebih Yang Bisa Merusak Mata

Parentingsehat.com – bagi wanita, penampilan merupakan hal yang paling sering diperhatikan. Tidak hanya dari segi pakaian saja, melainkan riasan wajah juga menjadi hal yang paling utama unntuk diperhatikan. Beberapa alat kosmetik diperlukan guna mempercantik diri, seperti halnya bedak, lipstik, pelembab, dan lainnya.

Sedangkan pada bagian mata, umumnya kaum wanita menambahkan maskara untuk melentikkan bulu mata supaya terkesan panjang, dan tebal. Akan tetapi, ternyata pengunaan maskara secara rutin bisa menimbulkan bahaya bagi mata.

Hal tersebut diungkap oleh optometrist yang sekaligus juru bicara dari Association of Optometrist, Ceri Smith-Jaynes. ia menyebut bahwa pemakaian maskara setiap hari bisa menyebabkan kerusakan yang serius pada mata.

Seperti dikutip dari Mirror, pemakaian maskara secara rutin mampu memicu infeksi serius, bahkan merusak lapiran air mata. Sedangkan secara umum, kosmetik yang dipakai pada area sekitar mata pada hitungan menit bisa bermigrasi ke dalam mata.

“Beberapa jenis maskara teksturnya sangat berserat dan ini dapat mengiritasi sebagian orang. Pemakaian kosmetik di area mata juga dapat mengganggu lapisan air mata yang halus. Jika bagian tersebut terganggu, maka air mata akan lebih cepat menguap, membuat mata kering, hingga iritasi,” tegasnya.

“Maskara sebaiknya digunakan selama 3 bulan setelah pertama kali dibuka dan dipakai. Jika sudah lebih dari itu, segera buang dan gunakan produk yang baru untuk mencegah terjadinya infeksi yang berpengaruh buruk pada mata,” ungkap Jaynes.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close