fbpx
Kesehatan

Penggunaan Ponsel Lebih Dari 5 Jam Sehari Bisa Picu Obesitas

Parentingsehat.com – Ditemukan pada penelitian terbaru, siswa yang menggunakan smartphone selama lima jam atau lebih dalam sehari, sangat rentan terhadap resiko obesitas lebih tinggi, serta lebih cenderung mempunyai kebiasaan gaya hidup lain yang meningkatkan resiko penyakit jantung.

Temuan tersebut juga berdasar pada penelitian yang menganalisis sebanyak 1.060 siswa, mencakup 700 perempuan dan 360 laki-laki, dari Kolombia dengan rata-rata usia 19 tahun hingga 20 tahun.

“Penting bagi masyarakat umum untuk mengetahui dan menyadari bahwa, meskipun tidak diragukan lagi menarik untuk berbagai keperluan, portabilitas, kenyamanan, akses ke layanan yang tak terhitung jumlahnya, sumber informasi dan hiburan, teknologi seluler juga harus digunakan untuk meningkatkan kebiasaan dan perilaku sehat,” jelas pemimpin studi sekaligus penulis Mirary Mantilla-Morron dari Universitas Simon Bolivar di Kolombia.

Seperti yang dilansir dari Time of News, studi tersebut menemukan bahwa resiko obesitas meningkat sebesar 43 persen apabila smartphone digunakan selama lma jam atau lebih dalam sehari. Hal tersebut lantaran siswa yang berpartisipasi dua kali lebih mungkin untuk minum lebih banyak minuman mengandung gula, makanan cepat saji, permen, serta makanan ringan dan secara tidak langsung sudah mengurangi aktivias fisik.

“Jalan keluar terbaik adalah mendorong diri Anda untuk mengurangi lamanya waktu yang digunakan pada ponsel dan gadget terkait lainnya pada saat yang sama, untuk menikmati kegiatan fisik seperti yoga atau olahraga atau pola olahraga lain. Ini bukan pertanyaan tentang lima jam atau lebih di telepon. Ini adalah pertanyaan tentang seberapa banyak tingkat aktivitas yang dapat kita bangun dalam hidup kita,” jelas Achal Bhagat, Konsultan Senior, Psikiatri di Rumah Sakit Apollo Indraprastha di Delhi.

“Dan jika kita tidak dapat membangunnya ke tingkat yang memadai, maka itu meningkatkan kemungkinan obesitas dan faktor risiko kesehatan. Telepon adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa kita tidak melakukan aktivitas fisik yang cukup dalam hidup kita,” imbuhnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close