fbpx
Kesehatan

Peneliti Sebut Olahraga Badminton Baik Untuk Kecerdasan Otak

Parentingsehat.com – Secara universal, olahraga mempunyai manfaat yang sangat baik untuk dunia kesehatan, baik itu secara fisik ataupun mental. Mengenai hal tersebut, tepatnya pada jenis olahraga bulutangkis, studi terbaru melaporkan bahwa sebenarnya olahraga tersebut berguna untuk melatih kecerdasan otak.

Dijelaskan oleh tim peneliti Jepang, dibawah pimpinan Shinji Takahashi dari Tohoku Gakuin University, badminton menuntut kemampuan pengambilan keputusan serta koordinasi pemain. Dalam hal ini otak dituntut untuk berpikir cepat guna memprediksi arah kok, serta postur tubuh yang sesuai untuk memukulnya.

Terdapat pula dari laporan jurnal PLOS One, mengamati dari data tes kognitif, tepatnya dari sekitar 20 responden orang dewasa. Mereka mengalami peningkatan pasca bermain badminton setidaknya dalam waktu 10 menit. Tes tersebut melibatkan para responden guna menyesuaikan atau mencocokkan dengan gambar.

Sebagai langkah awal dan juga kontrol untuk para responden, mereka juga diminta terlebih dahulu untuk lari di treadmill.

“Tuntutan kognitif dalam olahraga badminton dapat mengaktifkan daerah otak yang berkaitan dengan fungsi eksekutif,” isi tulisan dari peneliti, menurut yang dikutip dari Daily Mail, Senin (9/9/2019).

“Kami menyimpulkan bahwa efek besar badminton terhadap fungsi eksekutif otak adalah karena olahraga ini menuntut kemampuan kognitif untuk memainkannya,” imbuh peneliti tersebut.

Pada keterangan terakhir, peneliti menjelaskan bahwa dalam hal ini masih perlu studi atau penelitian lebih jauh. Tepatnya untuk memastikan bahwa efek yang sama juga bisa terjadi pada orang yang menjalani latihan badminton dalam jangka panjang.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close