fbpx
Kesehatan

Pemerintah Tanggung Semua Biaya Pengobatan Warga Terdampak Asap Karhutla

Parentingsehat.com – Asap dari dampak kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) masih mengepung wilayah Sumatera dan Kalimantan. Kepungan asap tersebut mempunyai dampak pada kesehatan masyarakat yang tinggal pada wilayah tersebut.

Saat ini warga sudah mulai merasakan munculnya masalah pernapasan dan keterbatasan jarak pandang. Mengenai adanya dampak buruk asap karhutla pada kesehatan, pihak pemerintah menyebut akan menanggung pembiayaan dan penangannya.

“Sampai saat ini untuk kasus emergency kita lakukan pengobatan dan pemerintah yang memberikan pembiayaan,” ucap Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Anung Sugihantono, Selasa (17/9/2019).

Dengan dikeluarkannya pernyataan tersebut, masyakarat yang kesehatannya terganggu akibat asap karhutla tidak dikenakan biaya. Anung menyebut, penanganan kasus karhutla tersebut, secara umum memanfaatkan sarana yang dimiliki oleh pemerintah ppusat dan daerah.

Lebih lanjut, penanganan dilakukan secara terpadu guna lebih cepat untuk memenuhi kebutuhan warga yang terdampak asap karhutla. Dengan demikian, diharapkan warga tidak perlu menunggu terlalu lama dengan standar kesehatan yang kian menurun.

Salah satu jenis penyakit yang menimpa warga tedampak karhutla yakni berhubungan dengan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA). Pasalnya, sebanyak 6 provinsi yang terdampak asap sudah mengirim data jumlah total ISPA pada Kemenkes, berdasar bulan dan wilayah.

Menurut yang tercatata, Pronvinsi Riau mencatat 16.371 kasus ISPA untuk bulan September 2019. Dan pada periode yang sama, di Kalimantan Barat sebanyak 6.392.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close