fbpx
Kesehatan

Paparan Asap Jangka Panjang Bisa Turunkan Fungsi Paru

Parentingsehat.com – Disebutkan olah Perhimpunan Dokter paru Indonesia (PDPI), seseorang yang terkena paparan kabut asap dalam jangka panjang, bisa mempunyai dampak pada penurunan fungsi paru-paru. Jika hal tersebut terus berlanjut, maka bisa menyebabkan penyakit seperti asma hingga bronkitis kronis.

Agus Dwi Susanto selaku Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengungkap dari penelitian fenomena yang sama tahun 2015, serta di follow up hingga 2016 lalu, pihaknya memperoleh hasil fungsi paru-paru yang menurun terhadap korban asap.

“Penurunan fungsi paru-parunya sekitar 20 persen. Kalau ini berlanjut dalam jangka panjang maka kondisinya menjadi hipersensitif saluran napas dan meningkatkan risiko terjadi asma atau bronkitis kronis atau penyakit paru obstruktif kronik,” paparnya ketika ditemui usai Konferensi Pers UI Peduli Asap, di Jakarta, akhir pekan lalu.

“Memang itu butuh waktu bertahun-tahun dan belum ada laporan kasus kanker paru yang terbukti karena asap kebakaran hutan dan lahan. Tetapi risiko itu bisa muncul karena adanya karsinogenik,” imbuhnya.

“Yang direkomendasikan adalah menyediakan rumah sehat atau shelter yang harus dijaga kualitas udaranya. Bisa dengan penyediaan penjernih udara atau air conditioner supaya udara di dalam shelter lebih bagus dibandingkan luar,” lanjutnya.

“Karena itu masyarakat bisa menggunakan masker bedah yang dikenakan juga dengan masker wajah berwarna hijau yang bisa mengurangi filtrasi di lapangan. Meskipun hanya 40 persen, masih ada gunanya,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close