fbpx
Kesehatan

Pakai Sabun Sirih Untuk Miss V Boleh, Tapi Jangan Terlalu Sering

Parentingsehat.com – Sabun Sirih bukanlah hal yang asing bagi kalangan wanita. Akan tetapi, bolehkah membersihkan miss v dengan sabun sirih dengan waktu yang lebih sering? dalam hal ini ada jawaban pakar yang bisa diketahui.

Diketahui, daun sirih termasuk jenis tanaman yang 80 hingga 90mpersen terdiri dari air. Tanaman tersebut mengandung antioksidan yang cukup tinggi, oleh karena itu pula daun sirih disebut sebagai tanaman dengan jutaan manfaat. Termasuk juga terkait dengan kebersihan miss v.

Dijelaskan oleh Dr. Susie Rendra, Sp. KK Spesialis Kulit dan Kelamin, pada dasarnya ia tidak melarang pengunaan air rebusan ataupun sabun daun siirh untuk miss v. Akan tetapi ia melarang untuk dipergunakan secara rutin setiap hari.

“Daun sirih untuk miss v kalau dibilang boleh dipakai, ya boleh, tapi nggak boleh rutin. Jadi kalau lagi keputihan banyak, kita pengen dikeringin kan jadi sekali okelah pakai sabun daun sirih,” jelas Dr. Susie pada acara diskusi media ‘Kulit Sehat di Usia Senja’ oleh RS Pondok Indah Group, di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

“Tapi kalau dipakai rutin, padahal tidak ada problem lama-lama kulit miss v akan bisa kering nanti. Jadi nggak boleh dipakai over use, jadi nggak boleh berlebihan, akan bikin kulit kering akhirnya gatal juga,” imbuhnya.

“Ingat, kenapa dengan pH rendah itu penting, karena dengan pH rendah itu menghalangi pertumbuhan jamur-jamur atau bakteri yang berbahaya di miss v, jadi pH yang rendah itu membuat kulit lebih sehat juga,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close