fbpx
Kehamilan

Minum Paracetamol Saat Hamil Punya Resiko Anak Idap Gangguan Perilaku

Parentingsehat.com – Seorang wanita perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi obat ketika sedang hamil. Pasalnya jika salah konsumsi, tidak hanya menimbulkan dampak fatal bagi janin, melainkan juga pada perkembangan sang bayi saat dia sudah dilahirkan. Hal tersebut yang terungkap dari hasil kajian terbaru.

Dari kajian tersebut terungkap, wanita yang mengkonsumsi paracetamol ketika sedang hamil mempunyai resiko mendapatkan anak dengan masalah perilaku. Kajian yang di publikasikan pada jurnal Paediatric and Perinatal Epedemiology tersebut, menelti terkait adanya efek konsumsi paracetamol di tengah kehamilan, perilaku anak antara usia 6 bulan hingga 11 tahun, serta menguji memori dan IQ hingga usia 17 tahun.

“Penemuan kami menambah serangkaian hasil kajian terkait bukti kemungkinan efek samping mengonsumsi paracetamol selama kehamilan seperti masalah asma atau perilaku keturunannya. Ini menegaskan kembali kalau wanita harus berhati-hati saat mengonsumsi obat ketika sedang hamil dan meminta saran medis ketika diperlukan,” ungkap penulis utama kajian, Jean Goulding, dosen di University of Bristol, Inggris, seperti yang dikutip dari IANS.

Dengan menerapkan kuestioner dan informasi sekolah dari kajian Children of 90s Bristol, peneliti melakukan riset pada sekitar 14.000 anak. Ketika hamil 7 bulan, 43 persen ibu anak-anak tersebut mengatakan pernah mengkonsumsi paracetamol ketika tengah hamil. Dengan frekuensi kadang-kadang, atau bisa lebih seing pada tiga bulan sebelumnya.

Para pelaku riset selanjutnya meneliti hasil memori, IQ dan juga uji perkembangan prasekolah, temperamen serta ukuran perilaku anak-anak tersebut. Kajian selanjutnya menemukan kaitan antara konsumsi paracetamol dan masalag perilaku pada anak-anak, termasuk pada segi hiperaktivitas dan gangguan penurunan perhatian.

“Penting karena penemuan kami diuji di kajian lain—kami tidak dalam posisi menunjukkan kaitan kausal, tapi lebih pada kaitan antara dua hasil tersebut,” jelas Golding.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close