fbpx
Kesehatan

Menggunakan Bahan Titanium, Tiga Dosen UNS Ciptakan Tulang Punggung Tiruan

Parentingsehat.com – Anak bangsa kembali memberikan temuan pada bidang kesehatan, khususnya tulang punggung tiruan. Pasalnya, tiga dosen dari fakultas teknik dan fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret 9UNS), Surakarta, menciptakan tulang pinggul tiruan (artificial hip joint) berdasar pada data CT-Scan pasien.

Dr Joko Triyono, ST, MT, beserta dengan Dr Eko Pujiyanto, SSi, MT, dari fakultas teknik dan juga dr Suyatmi, MBiomedSc, dari Fakultas Kedokteran UNS, berhasil membuat artificial hip joint lantaran selama ini material sendi tiruan masih diimpor dari India dan Eropa. Secara tidak langsung, anatomi tidak sesuai dengan tulang orang Indonesia.

“Anatomi tulang orang Indonesia memiliki ukuran lebih kecil 2-4 mm. Karena ada perbedaan, maka dalam prakteknya material impor tersebut harus dilakukan modifikasi dan penyesuaian agar menjadi pas ketika diimplankan dalam tubuh pasien,” ungkap Dr Joko yang merupakan ketua tim riset, dikutip dari detikcom, Senin (16/9/2019).

Dengan adanya latar belakang tersebut, tiga dosen yang disebutkan mempunyai inisiatif untuk mengembangkan material sendi tulang pinggul tiruan dengan basis data tulang pasien itu sendiri. Sehingga material implan tidak memerlukan langkah modifikasi.

Sedangkan bahan yang digunakan ialah stainsless steel 316L dan titanium. Dipilihnya material ini lantaran biokompatibel dengan tubuh.

“Biokompatibel artinya tidak terjadi penolakan oleh tubuh. Aman,” jelas Dr Joko.

“Pengembangan lebih lanjut dari prototipe sendi tulang pinggul tiruan ini diharapkan menjadi cikal bakal pengembangan produk tulang tiruan dari bahan titanium yang selanjutnya diharapkan menjadi rintisan produk komersial dalam negeri,” harap Joko pada rilisnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close