fbpx
Weight Loss

Menggabungkan Diet Dan Olahraga Bisa Berdampak Pada Kesehatan Tulang

Parentingsehat.com – Untuk bisa menurunkan dan menjaga berat badan tetap idel, umumnya ada uda cara yang sering dilakukan banyak orang. Jika tidak menjalankan diet, pastinya menerapkan olahraga lebih rutin.

Dengan membatasi jenis makanan ataupun berolahraga, mungkin merupakan dua hal yang paling mudah untuk dilakukan. Bahkan dalam hal ini tidak jarang pula yang memadukan keduanya untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Seperti yang dilansir dari The Health Site, ada sebuah penelitian terbaru yang mengungkap bahwa memadukan olahraga dan diet bisa mempunyai dampak terhadap kesehatan tulang.

“Hal ini penting bagi wanita karena seiring bertambahnya usia, kesehatan tulang kita mulai menurun. Asupan kalori dan rutinitas olahraga bisa berdampak pada kekuatan tulang dan meningkatkan risiko tulang retak,” jelas peneliti Maya Styner, profesor dari University of North Carolina School of Medicine, Amerika Serikat.

Seperti yang diketahui, penelitian pada mencit yang memperolah batasan kalori, mereka akan mengalami penurunan berat badan. Akan tetapi ada peningkatan lemak pada sumsum tulang belakang.

“Hal ini merupakan pembatasan kalori dalam ukuran sedang dan kami menemukan peningkatan signifikan pada lemak sumsum tulang belakang,” jelas Styner.

“Kelompok ini juga mengalami penurunan pada kuantitas tulang, mereka memiliki kondisi tulang keseluruhan yang lebih rendah karena batasan kalori ini,” imbuhnya.

“Memandang hal ini dari perspektif manusia, bahkan diet rendah kalori yang tampak tepat secara nutrisi bisa menyebabkan efek negatif pada kesehatan tulang, terutama ketika dipadukan dengan olahraga,” pungkasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close