fbpx
Kesehatan

Mengatasi Mata Kering Sesuai Anjuran Ahli

Parentingsehat.com – Seperti yang diketahui, mata kering merupakan maslah yang sering dialami oleh semua orang. Hal tersebut dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik itu perubahan gaya hidup, ataupun dari sisi lingkungan sekitar yang kurang sehat. Sehingga pada akhirnya memberikan dampak pada peningkatan resiko pada mata tersebut.

“Mata kering adalah suatu kondisi hilangnya keseimbangan dari komponen air mata yang menyebabkan kualitas dan kuantitas air mata menjadi terganggu,” jelas Nina Asrini Noor, dokter spesialis mata di Dry Eye Center Jakarta Eye Center (JEC).

Aktivitas dengan intensitas visual lebih tinggi pada durasi waktu yang lama, seperti halnya menatap ponsel ataupun layar monitor, bisa menjadi penyebab dari mata kering dan kelelahan. Apabila tidak ditangani dengan segera, mata kering mampu memicu menurunnya kualitas hidup. Bahkan bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan mata secara permanen.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara menghindarinya. “Kunci pertama adalah atur pola hidup, itu dulu. Kalau pola hidupnya enggak diatur, kita akan kejar-kejaran. Mau kapan sembuhnya kalau begitu?” kata Nina.

“Begitu pun dengan penggunaan lensa kontak. Sangat dianjurkan untuk mengikuti instruksi dokter mengenai penggunaan dan perawatannya,” imbuh Nina.

Jika kondisi mata kering masih berlanjut, maka akan lebih baik melakukan pemeriksaan dengan dokter spesialis mata guna menentukan cara terbaik untuk menanganinya.

“Karena tidak semua mata kering itu sama, tergantung pada lapisan air mata yang terganggu. Sehingga pengobatannya pun bermacam-macam, beda penyebab juga beda penanganan,” pungkas Nina.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close