fbpx
Serba SerbiKesehatan

Manaruh Jarum Pentul Di Bibir Jadi Penyebab Kasus Tersedak

Parentingsehat.com – Menaruh jarum di bibir pada saat hendak memakai jilbab merupakan hal yang juga perlu diperhatikan. Sebab terdapat banyak kasus tersedak jarum pentul yang dipicu oleh hal tersebut.

“Di RS Persahabatan, kami sering menangani pasien perempuan dewasa yang tersedak akibat jarum pentul. Mereka meletakkan jarum pentul di bibir sambil kedua tangan merapikan jilbab. Lantas mendadak tersedak,” ungkap dokter spesialis paru konsultan, Dicky Soehardiman pada siaran Live Streaming Radio Kesehatan Kementerian Kesehatan RI.

Lebih lanjut, insiden tersedak jarum pentul yang diletakkan pada bibir bisa terjadi ketika pasien batuk, bersin, ditepuk teman, serta terburu-buru saat memasang jilbab.

“Kita terkadang melihat juga kan perempuan merapikan jilbab di motor. Lalu jarum pentulnya diletakkan di bibirnya,” imbuh Dicky.

Lantaran kejadian tersedak jarum pentul tersebut, menjadikan para perempuan langsung berkunjung ke rumah sakit. Pengambilan jarum pentul akan dilakukan oleh dikter. Benda asing tersebut harus segera dikeluarkan dari saluran pernafasan supaya pasien bisa diselamatkan.

Dalam hal ini Dicky memberikan saran bahwa perlu ada sosialisasi secara khusus pada kalangan perempuan yang mengenakan hijab. Khususnya untuk menghindari meletakkan jarum pentul pada bibir ketika merapikan jilbab.

“Kita di Indonesia ini sebagai negara yang mayoritas Islam dan banyak perempuan berhijab. Sebaiknya ada edukasi menghindari meletakkan jarum pentul di bibir. Tersedak benda asing itu sangat berbahaya karena bisa menyumbat saluran pernapasan. Korban bisa meninggal,” jelasnya.

“Lalu kita melihat dan mencoba mengambil benda asing itu dengan dijepit dan ditarik keluar,” pungkasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close