fbpx
Balita dan AnakKesehatan

Lebih Setahun Abaikan Sakit Gigi, Ternyata Remaja Ini Idap Kanker

Parentingsehat.com – Untuk sebagian orang, melakukan periksa ke dokter gigi terkadang tampak menakutnya. Jadi sangat tidak heran jika mereka lebih memilih untuk menahan sakit gigi atau melakukan pengobatan secara tradisional.

Akan tetapi, jika sakit gigi berlangsung dalam waktu yang lama, jangan pernah mengabaikannya. Sebab bisa jadi hal tersebut merupakan tanda dari adanya suatu penyakit.

Seorang remaja berusia 15 tahun asal Huangzhou, China, menderita sakit gigi selama lebih dari satu tahun. Namun ia baru memutuskan untuk memeriksakannya akhir-akhir ini.

Remaja tersebut menjelaskan, sakit gigi yang ia rasakan awalnya tidak menganggu aktivitas sehari-harinya. Akan tetapi, pasca lebih dari satu tahun, rasa sakitnya menadi lebih serius.

Pasca dilakukan pemeriksaan menggunakan tomografi, dokter menemukan sakit gigi yang diderita oleh remaja tersebut merupakan sebuah tumor. Dijelaskan pula bahwa tumor yang tumbuh tersebut bernama amelobastoma. Jennis ini merupakan tumor rahang yang umumnya terletak pada rahang bawah.

Pada hasil pemindaian, tampak rahang si remaja telah dimakan tumor. bahkan sudah menimbulkan kerusakan parah hingga terbentuk satu lubang besar di rahangnya.

Melansir dari World of Buzz, dokter menjelaskan bahwa meski ameloblatoma tumbuh lambat, namun sangat invasif. Serta jika tidak diangkat, maka tumor akan tumbuh lagi.

Tumor ameloblastoma bukanlah jenis tumor yang bisa bermetastasis, atau dinyatakan tidak menyebar pada bagian lain di sekitarnya.

Terbilang untuung, operasi pengangkatan tumor berhasil serta remaja tersebut perlu memperoleh beberapa implan guna mengembalikan fungsi mulutnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close