fbpx
KesehatanNutrition

Lebih Baik Mana Minum Susu Sebelum Dan Sesudah Makan?

Parentingsehat.com – Minum susu sebelum bakan mungkin akan membuat perut terasa kenyang. Apalagi memberikan susu pada anak sesaat sebelum makan. Pastinya selera makan anak akan berkurang karena kenyang lebih dulu.

Oleh karena itu, lebih baik mana minum susu sebelum atau sesudah makan? Dijelaskan oleh ahli gizi, Hardinsyah, minum susu baik itu sebelum atau sesudh makan, tergantung dari kebiasaan masing-masing individu.

“Ada yang punya kebiasaan minum susu sebelum makan karena membuat kenyang duluan. Jadi, pas makan pokoknya sedikit. Sebenarnya itu (minum susu) tergantung kebiasaan. Sama saja seperti minum air putih. Ada orang yang minum air dulu baru sarapan,” jelas Hardinsyah saat ditemui .

“Ada juga orang yang sarapan dulu baru minum air. Sesuaikan saja dengan nyamannya kita,” imbuhnya.

Dari isi porsi, minum susu juga disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Ada yang biasa minum susu hanya setengah gelas, satu gelas, atau bahkan hingga dua gelas.

Dan selanjutnya, minum susu sebelum tidur malam pun sangat dianjurkan. Hal tersebut lantaran kandungan zat pada susu membantu tubuh untuk lebih cepat terlelap.

“Minum susu di malam hari (sebelum tidur) memang ada manfaatnya. Karena susu mengandung asam amino triptofan yang membantu bentuk serotonin (hormon bahagia) sehingga menimbulkan rasa nyaman untuk tidur,” lanjut Hardinsyah yang belum lama ini diangkat sebagai Ketua Umum Persatuan Ahli Gizi Asia.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close