fbpx
Kesehatan

Laporan WHO, Tiap Satu Detik Ada Orang Tewas Bunuh Diri Dunia

Parentingsehat.com – Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO melaporkan bahwa setiap detik ada satu orang yang tewas melakukan bunuh diri di seluruh dunia. Angka tersebut bahkan lebih parah jika dibanding dengan jumlah orang yang tewas akibat terbunuh dalam perang. Pasalnya, tercatat sebanyak 800 ribu orang yang melakukan bunuh diri setiap tahunnya.

“Bunuh diri adalah masalah kesehatan masyarakat global. Seluruh usia, jenis kelamin dan wilayah dunia terpengaruh (dan) setiap kehilangan adalah satu terlalu banyak,” isi laporan WHO, menurut yang dikutip dari Reuters.

Oleh karena itu, WHO akan mendesak para pembuat film dan televisi untuk kasus bunuh diri mampu ditampilkan lebih baik. Pasalnya, WHO menilai bahwa kasus bunuh diri bisa memunculkan gejala ikut-ikutan pada orang yang menyaksikan kasus tersebut.

“Praktek pelaporan media yang tidak benar bisa membuat kasus bunuh diri menjadi sesnasional dan di besar-besaran dan meningkatkan resiko penjiplakan (aksi bunuh diri) di antara orang-orang yang rapuh,” lanjut laporan tersebut.

Lebih lanjut, laporan juga menyebut bahwa, di negara kaya, angka bunuh diri laki-laki lebih tinggi sebanyak tiga kali lipat dibanding dengan perempuan. Sedangkan untuk negara dengan penghasilan rendah hingga menengah, angka keduanya hampir sama.

“Bunuh diri bisa dicegah,” jelas Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus.

“Kami menyerukan kepada semua negara agar menggabungkan strategi pencegahan bunuh diri yang terbukti menjadi program pendidikan dan kesehatan nasional.” imbuhnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close