fbpx
Kesehatan

Lama Waktu Jantung Kembali Pulih Pasca Berhenti Merokok

Parentingsehat.com – Dengan alasan kesehatan, berhenti merokok sering dilakukan oleh sebagian orang. Pasalnya, dengan berhenti merokok tersebut mampu memberikan keuntungan untuk kesehatan jantung ataupun paru-paru.

Ketika seseorang berhenti merokok, kondisi jantung akan kembali seperti sebelumnya. Akan tetapi, untuk menjadikan pulih sepenuhnya, memerlukan waktu paling tidak 15 tahun.

“Manfaat berhenti merokok tidak dapat diremehkan, sistem kardiovaskular bakal pulih secepatnya, dengan perubahan psikologis, hal ini dapat terjadi dalam hitungan jam,” ungkap peneliti Meredith Duncan dari divisi kesehatan kardiovaskular dari Vanderbilt University Medical Center di Nashville, Tennessee dilansir dari Health24.

Duncan dan timnya menemukan, lima tahun pasca berhenti merokok, mempunyai resiko jantung menurun hingga signifikan dibanding dengan orang yang terus merokok. Akan tetapi, untuk membuat jantung benar-benar kembali pada kondisi normal, dibutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 tahun.

“Untuk kembali pulih, mungkin membutuhkan beberapa tahun. Oleh karena itu, penting bagi perokok untuk segera berhenti dan berkonsultasi ke dokter agar hal ini lancar dalam jangka panjang dan mendiskusikan langkah lainnya,” jelas Duncan.

Disebutkan oleh Dr. Gregg Fonarow, selaku direktur dari Ahmanson-UCLA Cardiomyopathy Center, Los Angeles, menjelaskan bahwa setiap penelitian terhadap mantan perokok tersebut menmukan bahwa resiko masalah jantung mengalami penurunan dibanding bagi yang masih merokok.

“Dari sudut pandang risiko kardiovaskular, tidak pernah terlambat untuk berhenti merokok,” jelasnya.

“Berhenti (merokok) secara signifikan bisa menurunkan risikonya,” tandasnya.

Tags
Lanjutkan Baca

Azkia adhyatma

Azkia adalah penulis lepas untuk berbagai media online. spesialis di berbagai topik terutama kesehatan dan parenting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close